Jumat, 09 Juni 2017

Lending Perbankan



Sempat beberapa hari tulisan lanjutan seputar AO / RO / Lending tidak dilanjutkan. Untuk menebusnya, akan saya selesaikan pada artikel ini.

Tahapan inisiasi kredit yang telah dibaca (jika belum klik disini) adalah tahapan penilaian awal. Nantinya jika pada penilaian ini diketahui bahwa calon debitur (yang mau melakukan pinjaman ke bank) memiliki kualitas baik (baca: sesuai dengan kriteria perbankan) maka AO / RO /Lending bisa melanjutkannya ke tahap pembuatan proposal kredit.

Tahap pembuatan proposal kredit lebih kompleks. Saya hanya akan memberikan gambaran umumnya. Tahap ini AO / RO akan meyakinkan komite kredit agar memberikan pinjaman ke calon debitur melalui proposal kredit. Dalam proposal kredit wajib dihadirkan analisa yang komprehensif. Biasanya analisa ini dikenal dengan istilah 5C. Saya coba jabarkan secara sederhana:

Character (Karakter)
Mencakup apakah pribadi ini bisa dipercaya atau tidak. Caranya? Bisa lewat interview langsung atau melalui orang lain yang pernah berhubungan dengan calon debitur tersebut. Karakter adalah hal pertama yang harus dilihat. Karena karakter menyangkut “MAU” tidaknya dia membayar. Ada debitur yang walaupun punya uang tapi TIDAK MAU untuk membayar kewajiban, ini tentu berkaitan dengan karakter. Metode yang digunakan: BI Checking, trade checking, interview dsb.
*bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar