Selasa, 10 November 2015

Siapakah Pahlawan Kita?


Sebelumnya saya ucapkan selamat Hari Pahlawan Nasional 10 November 2015 kepada segenap Bangsa Indonesia. Berbicara mengenai 10 November akan banyak masyarakat Indonesia yang tidak tahu sejarah dibaliknya tanggal ini. Saya akan me-review singkat mengenai sejarah diperingatinya 10 November sebagai hari pahlawan.


Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, terjadi gejolak politik dan kekuasaan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Oktober hingga November 1945 di Kota Surabaya (Jawa Timur) terjadilah perlawanan TNI dan milisi rakyat Indonesia terhadap pasukan Inggris. Jumlah kekuatan dipihak Indonesia adalah sektar 20.000 infanteri dan 100.000 milisi, melawan 30.000 tentara inggris dibantu tank, pesawat dan kapal perang. Dengan kedaan tersebut maka sekitar 6.300 hingga 15.000 TNI gugur dan sekitar 200.000 orang meninggalkan kota tersebut, sedangkan dipihak Inggris hanya sekitar 600 jiwa yang gugur. Inggris yang mengira akan menang dalam waktu tiga hari ternyata butuh berminggu-minggu. Dengan adanya perang ini maka pihak internasional melihat bahwa TNI dan milisi Indonesia tidak boleh diremehkan. Ini karena tentara yang paling menakutkan adalah tentara yang sudah tidak takut mati lagi (diolah dari www.portalsejarah.com ). Sampai hari ini pidato Bung Tomo yang disebarkan lewat radio-radio untuk mendorong semangat perjuangan di Jawa Timur adalah bukti nyata kenekatan bangsa ini untuk mempertahankan kemerdekaannya apapun halangan yang ada. Dan tanggal 10 November adalah hari dimana batas yang ditetapkan Inggris agar TNI/TKR (Tentara Keamanan Rakyat) menyerah, namun dihari itu justru perang besar pecah. Akhirnya tanggal inilah yang dijadikan Hari Pahlawan Nasional Indonesia.

Baiklah, hal diatas bukanlah tujuan utama saya menulis halaman ini, hehehe.

Mari coba jawablah terlebih dahulu, siapakah pahlawan bagi teman-teman sekalian?

………………………………………..Jawab dulu dalam hati……………………

Siapa?

Yakin Cuma itu?

Saya tak mengatakan hanya boleh mengemukakan satu nama loh…

…………………………………………Ayo Jawab……………....……………..

Nah, mulai banyak akhirnya kan…. Hehehehe

Sejak kita lahir ke dunia kita telah mendapat bantuan dari banyak orang, bisa jadi tanpa bantuan mereka kita tidak akan jadi  seperti sekarang. Apakah mereka tak masuk dalam list pahlawan? Marilah kita lebih peka lagi terhadap orang-orang yang telah banyak membantu kita selama ini. Ada pepatah tua mengatakan:
“kebaikan kita terhadap orang lain tulislah diatas pasir pantai, sedangkan kebaikan orang lain kepada kita pahatlah diatas batu”.
Hal ini agar kita tidak muda melupakan jasa orang-orang terebut, dan tidak terlena dengan kebaikan yang pernah kita lakukan. Mereka itu juga pahlawan dalam kehidupan kita.


Sedangkan para orang tua adalah pahlawan yang paling dekat dengan kita, marilah coba kita cium tangan mereka dan berkata “selamat hari pahlawan, kalian adalah pahlawan sejati dalam hidupku”. Bagi yang jauh cobalah sms atau telepon. Lihatlah apa yang terjadi J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar