Selasa, 14 Juni 2016

Management Development Program (MDP) Maybank - bagian 3

Management Development Program (MDP) -bagian 3

sumber gambar: www.gkjtangerang.org

Masuk kedalam proyeksi karir MDP kedepan. Ibarat sekolah perwira maka tanggung jawab dan target yang dibebankan kepada peserta MDP pastilah besar. Yang saya tahu ini merupakan hal wajib disetiap perusahaan. Buat apa mendidik calon karyawan selama setahun jika perfoma yang diharapkan sama dengan karyawan yang tidak melalui jalur pendidikan.

Band (istilah sederhana dalam menentukan grade karyawan) dimulai sedikit lebih tinggi dari yang lain. Disinilah yang akan menunjukan apakah seseorang layak masuk dalam jalur ini atau tidak. Secara pribadi jujur saya kaget begitu kemarin ada pemaparan target perusahaan yang dibebankan kepada kami. Menurut saya itu lumayan berat. Tapi belum seberat cintaku padamu kok. Hehehehe J
Mari kita masuk sedikit lebih dalam didunia perbankan. Kalau toko baju pasti untungnya dari berjualan baju. Warung makan pasti untungnya dari jualan makanan dan minuman. Dokter mendapatkan pendapatan pasti karena memberikan jasa kesehatan. Dari manakah bank mendapatkan keuntungannya?


Sederhananya pendapatan bank itu terbagi menjadi dua, yaitu:

Net Interest Income. Ini merupakan pendapatan dari selisih bunga yang diberikan kepada penabung (orang yang menabung) dengan bunga yang didapatkan dari pengambil kredit (orang yang meminjam uang di bank). Sederhananya ada 10 orang yang menabung di Maybank dengan total nominal 100 juta, bank wajib memberikan bunga tabungan kepada mereka sebesar 5% (Rp 5.000.000). Sementara ada seseorang yang meminjam dari bank untuk modal usaha sebesar 100 juta. Peminjam wajib membayar bunga misal sebesar 10% (Rp 10.000.000). Otomatis bank sudah punya selisih keuntungan sebesar Rp 5.000.000 (10 juta – 5 juta). Perlu diingat aktivitas utama bank adalah funding (menghimpun dana masyarakat) dan lending (menyalurkan pinjaman kepada masyarakat). Oh yah, tenang saja ya. Bagi yang takut dengan kata bunga, khusus Maybank sendiri memiliki banyak fasilitas syariah. Jadi, tidak usah kuatir jika memang menginkan produk syariah juga.

Fee Base Income. Pendapatan bank yang ini bersumber dari biaya-biaya administrasi yang dilakukan oleh bank. Misalnya, biaya menukarkan valuta asing, pengirimaan uang ke luar negeri, biaya atas produk-produk investasi dan sebagainya. Kenapa saya tidak menyebutkan biaya administrasi atas tabungan? Heloooo… Masih jaman ya bank menarik biaya administrasi? Hahahah Khusus Maybank sudah banyak produk tabungan bebas administrasi. Ibarat iklan syarat dan ketentuan berlaku ya. Tapi syarat dan ketentuannya lebih kecil dari rasa cintaku padamu kok. Hahahahha

Itulah sedikit informasi pendapatan bank. Sekarang masuk dalam prospek program MDP. Secara garis besar MDP diharapkan akan memberikan kontribusi dalam keuntungan bank secara langsung. Baik lewat lending atau funding. Secara pribadi saya sendiri tertarik dalam lending. Dan sini saya merasa lunglai. Hahaha, bagaimana tidak jika targetnya berbunyi milyaran per bulan. Hahahah
Yang saya dapatkan hingga saat ini adalah untuk program MDP Maybank bukan hanya sekedar butuh kemampuan dan kemauan belajar. Tapi, butuh juga mental akan tekanan. Secara pribadi jika mengukur kemampuan pribadi maka pasti saya tidak akan bertahan.

Syukurlah, jika diukur kebalakang selama 22 tahun ini banyak tekanan yang secara kemampuan pribadi pasti tidak bisa terlewati. Namun, ternyata akhirnya bisa dilewati juga. Bagaimana dengan MDP ini? Kemungkinan gagal pasti ada, kemampuan berhasil juga pasti ada. Hal yang selama ini saya lakukan hanyalah mencoba berdarah-darah untuk memperjuangkannya.

Gagal atau berhasil masa bodoh! Pastikan kita berdarah atas sesuatu yang layak diperjuangkan. Karena darah akan menandakan kita sedang naik kelas!

Jakarta, 14 Juni 2016

Kumpulan Tulisan MDP Maybank : http://www.wahyurepi.com/2016/12/seleksi-mdp-maybank-seputar-mdp-maybank.html

24 komentar:

  1. Saya ingin menanyakan apa sih tips utk lolos ditahap awal? Kebutulan saya bkn berlatar belakang ekonomi apakah jurusan saat kuliah berpengaruh trhdp pemilihan candidat? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maaf baru bls ya. yang penting S1 sih. angkatan saya separuhnya bukan latar belakang ekonomi dan bisnis juga kok. heheheh
      udah test?

      Hapus
  2. kak gman sejauh ini kerja di maybank? dapet lending atau funding ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pada fokus ke rumput tetangga, mending menyuburkan rumput sndri kan. Hehehehe. Jd dinikmati Om anon. Hahahaha

      Puji Tuhan dpt Lending.

      Hapus
    2. kalo pembagian lending sm fundingnya sendiri berdasarkan apa kak ?

      Hapus
    3. pertama berdasarkan hasil ujian di kelas. dan kedua dari wawancara nnti menjelang penentuan, untuk nyesuaikan dengan minat dan bakat. wah kayak guru BK aja ya hahahhaa

      Hapus
  3. Kak, kalau boleh tau sign kontraknya di jkt sebelum pendidikannya dimulai atau sign kontraknya di daerah asal testnya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo. Klo do daerah test biasanya baru berupa offering letter. Kayak kontrak mini gitu. Nnti do Jkt baru ttd yg konttaknya. Udah lulus ya?

      Hapus
    2. Offering letternya dri email ya kak?saya udh llus kak,kemarin saya dpt email dri maybank diminta foto ktp buat BI check kak.Apakah itu termasuk offering letternya kak?

      Hapus
    3. MaFS..km ikut seleksi dimna??dari jogja?

      Hapus
    4. MaFS..km ikut seleksi dimna??dari jogja?

      Hapus
    5. To MaFS:
      Oflet biasanya langsung dan nnti ada backup email. Wah udah medical check up ya. Itu sih brarti udah dipastikan msk. Selamat.

      To Jenny: iya, cba tnyain ke tmn2 yg sama2 ikut interview user klo udah ada penguuman belom.

      Hapus
    6. MaFs: lu udh medical check UP? gw belom dapat info Medical CheckUp padahal kelasnya udh mau mulai...info dong..

      Hapus
    7. Jenny : saya seleksi dari Medan kak

      Andreano : km batch brp emg ?kelas yg november ini jg ya?

      Hapus
    8. MAFS: batch 46 (seleksi Jakarta), di email sih katanya mulai tanggal 16 Nov ini kelasnya..Tapi belum ada info MedCheckUp..Apa ditunda yah?

      Hapus
    9. saya senang blog ini bisa membantu memberikan info dan ternyta bisa saling mempertemukan yang sedang mengikuti seleksi. hehehehe

      to andreas: biasa memang seperti itu. Kelas juga beberapa kali mundur dari jadwal karena persiapan teknis. Maybank termasuk cepat kok dalam proses seleksinya.

      to MAFS: wah wah. menghitung hari sebelum masuk kelas ya hehehehe

      Hapus
    10. wahyu eka: wah makasih infonya..sangat bermanfaat n sukses terus..

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. kalo untuk jobdesc nya sendiri lending itu ngapain aja kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo tian. wah iya ya. sepertinya seru kalau saya nulis tentang serba serbi di lending alias jadi RO/AO ya. ok, seminggu kedepan diusahakan tulisannya keluar ya. Ditunggu aja. Biar lebih enak bacanya kalau di artikel langsung.

      Hapus
    2. okeyyy makasih kaa, d tunggu postingannyaa.

      Hapus
    3. udah diposting ya, bertahap. heheheh

      Hapus
  6. Boleh jelasin kak, kalau saya jurusan yang bukan perbankan apa saja yang bakal diwawancara saat test? Ada yang jurusan sastra kan? Saya sudah ubek-ubek isi website Maybank. Sepertinya, keluaga Maybank orangnya ramah2 meskipun ditarget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah, ubek2 blog saya udah blm? *becanda ding.

      Mmg lg test ya? Sastra aad, MIPA jg ada. Heheheh

      Hapus