Sabtu, 19 Maret 2016

Bertemu Para Leader (2)

Bertemu Para Leader (2)


yang belum baca, silahkan baca dulu  Bertemu Para Leader (1)

Sambutan nan menggemaskan.
Acara formal dalam Award and Graduation Ceremony IYLSP adalah sambutan dan sekilas pandang tentang IIEF dan program IYLSP oleh Ibu Diana Kartika Jahja selaku IIEF Director serta sambutan oleh Mr. Koichiro Fukuhara selaku President Director PT. Paiton Energy.


Yang menggemaskan adalah saat Mr. Koichiro Fukuhara tidak menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Jepang dalam sambutannya.  Tentu dari namanya sudah ketahuan beliau bukan asli Indonesia. Dalam sambutannya, Mr.Fukuhara malah menggunakan bahasa Indonesia. Ya memang agak kelimpungan juga menangkap maksudnya. Beliau memang membaca teks sambutan, namun itu cukup memperlihatkan bagaimana beliau sebagai orang Jepang beliau menghargai bahasa persatuan kita.

Saat waktu istirahat sebelum agenda selanjutnya mulai, saya sempat mencuri kesempatan berbincang berdua dengan beliau. Untuk seorang President Director beliau sangat ramah. Ini dibuktikan ketika berbincang, ternyata beliau sudah terlebih dahulu membaca profil para alumni. Maklumlah, setelah sambutan juga ada acara launching buku alumni IYLSP. Ternyata beliau telah menyempatkan diri membaca isinya.
bersama Mr. Koichiro Fukuhara, President Director PT. Paiton Indonesia

Menyelami Arti Pemimpin.
Dalam Award and Graduation Ceremony IYLSP 2016 terdapat acara Leadership Development Seminar sebagai nutrisi bagi kami. Yupz, sebagian pembaca pasti beranggapan kegiatan yang dikemas dalam seminar kepemimpinan akan begitu-begitu saja. Saya tak ingin membantah bagi sebagaian orang hebat disini yang sudah sangat sering mengikuti program serupa.  Namun bagi yang masih ingin belajar atau pun membandingkan isi materinya, monggo silahkan melanjutkan membaca.

Leadership Development Seminar kali ini memiliki pembicara-pembicara kece badai. Ya ia lah, kegiatan kalau di Ibu Kota pasti tidak akan menghadirkan pembicara yang baru belajar bicara. Pembicara yang disajikan adalah Mr. Koichiro Fukuhara (President Director PT. Paiton Energy), Mr. Ahmad Zaky (founder dan CEO bukalapak.com) yang iklannya sedang naik daun di TV, Mr. Bambang Jiwantoro (HR dari PT. Paiton Energy), dan Dr. Imam B. Prasodjo (akademisi UI) yang sering tampil di TV sebagai pengamat itu loh.

Mr. Fukuhara mencoba membongkar pengertian pemimpin yang dimengerti masyarakat umum hari ini. Dalam materinya, beliau memaparkan bahwa leadership bukan hanya sekedar politisi, eksekutif atau seorang penjelajah. Lebih dari itu, kepemimpinan adalah sebuah keterampilan yang bisa dimiliki oleh siapa saja. Keterampilan ini bisa menampilkan sebuah visi yang jelas (saya setuju memang, saat ini gambaran dalam masyarakat mengenai pemimpin dan kepemimpinan yang paling umum adalah hal yang dimiliki oleh seorang politisi yang duduk di eksekutif maupun legislatif).

Mr. Fukuhara menjelaskan bahwa kepemimpinan sebagai sebuah keterampilan mampu mengarahkan  diri sendiri, mengarakan orang lain (lead people)  dan akhirnya bisa mengarahkan sebuah masyarakat (lead society). Tak perlu takut untuk membuat kesalahan (mistakes) atau berhadapan dengan kegagalan (failures). Karena, kedua hal itu merupakan bagian dari peningkatan kualitas manusia (improvement human quality).

"Failures and Mistakes Improve Human Quality",Mr. Koichiro Fukuhara-President Director PT.Paiton Energy
Perjuangan Nilai
Pembicara kedua adalah Mr. Achmad Zaky. Kalau nama beliau memang masih kurang familiar, namun siapa yang tak mengetahui bukalapak.com ? Nah, beliau inilah orang resek yang membuat barang-barang sederhana dari pelosok desa bisa dibeli langsung oleh masyarakat Indonesia secara luas.

Pukulan utama beliau adalah dalam membuka usaha jangan asal buka, tapi carilah nilai yang ingin diperjuangkan. Bagaimana nilai diterapkan dalam bukalapak.com ? Beliau mengatakan ada dua nilai utama dalam bukalapak.com , yaitu ingin membangun kepercayaan konsumen dan ingin membantu UKM Indonesia berjaya di negeri nan indah ini (read: Indonesia).
Achmad Zaky, CEO Bukalapak.com

Kita ketahui bersama, bukalapak.com memiliki sistem jual beli yang membuat rasa cinta itu ada, #eeeh salah, maksudnya rasa aman. Hehehehe. Bukalapak.com selalu menjaga proses jual beli berjalan dengan indah. Soal nilai untuk membantu UKM saya rasa tak perlu dijelaskan panjang lebar. Lihatlah iklan bukalapak.com yang memperlihatkan semangat belanja online bisa membantu UKM di Indonesia. Bahkan beliau membuka rahasia, bahwa diawal berdiri, beliau selaku founder bukalapak.com turun langsung ke pasar untuk mengajak para penjual bergabung dengan bukalapak.com. Tidak jarang juga beliau sampai membantu membuatkan email dan mengajari para pedagang cara berjualan online.

"Dalam membuka usaha jangan asal buka, tapi carilah nilai yang ingin diperjuangkan." Achmad Zaky, CEO bukalapak.com

Cimahi, 19 Maret 2016


***Bersambung ke Bertemu Para Leader (3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar