Senin, 13 Juni 2016

Management Development Program (MDP) Maybank-bagian 2

Management Development Program (MDP) Maybank Indonesia

sumber gambar : www.sooperarticles.com

Pertanyaannya, apakah begitu lulus seleksi dan masuk pendidikan semuanya akan berjalan mulus? Perjalanan masih panjang kawan. Hahahaha. Selama pendidikan kami mendapatkan beberapa tantangan utama. Berikut saya jabarkan: (pastikan sudah baca MDP Bagian Satu)

Pertama, materi yang didapatkan di kelas akan ada ujiannya. Bagi yang tiga kali nilainya dibawa 70% maka akan langsung didiskualifikasi. Gagal pertama mendapatkan teguran lisan, gagal kedua mendapatkan SP (Surat peringatan) dan gagal ketiga langsung surat pemberhentian). Perlu diketahui materi di kelas meliputi seluruh aktivitas di bank (intinya MDP akan mempelajari hampir seluruh aktivitas di perbankan). Mulai dari produk, service, investasi, hukum perbankan dan berbagai macam materi lainnya. Sekitar tiga bulan belajar di kelas dari jam 08.00 hingga 17.00 mulai senin hingga jumat tentunya yang akan dipelajari bukan sekedar kulitnya. Jika kehilangan konsentrasi belajar sedikit maka resikonya lumayan.


Kedua, setelah pendidikan kelas akan ada mentor contest. Mentor contest? Baru pertama kali mendengarnya? Jika mendengarnya mungkin jarang ya, tapi kalau menonton The Voice Indonesia pasti langsung tergambar. Intinya setelah pendidikan di kelas selama tiga bulan, maka peserta akan disuruh untuk menampilkan keahlian di depan calon mentor yang akan membimbing OJT selama sembilan bulan  kedepan. Bagaimana jika tidak ada mentor yang memilih? Otomatis peserta gugur juga.

Ketiga, ujian komprehensif (lagi)? Syarat untuk mengikuti MDP Maybank adalah lulusan Sarjana (S1), otomatis semua telah melewati ujian komprehensif untuk menyandang gelarnya. Nah, setelah pulang kampung (setelah OJT maksudnya, hehehhe) maka kami harus melewati ujian komprehensif program. Masuk dalam satu ruangan kemudian akan ada beberapa dosen penguji, #eeeh maksud saya panelis deh (maklum masih berasa mahasiswa). Oh yah, agar bisa mengikuti ujian komprehensif maka harus dipastikan juga tidak gugur dalam OJT. Maklum selama OJT peserta tetap akan diberikan target oleh perusahaan.

Dengan segala kompensasi yang saya ceritakan di awal (mengenai gaji selama pendidikan dll), maka perusahaan juga menahan ijazah kami selama pendidikan. WAW, ijazah yang sudah didapatkan empat tahun akhirnya diambil, hiks. Tapi tenanglah, ijazah akan kembali. Caranya ada dua, pertama pastikan lulus dari program MDP, kedua adalah dengan mendapatkan nilai buruk. Hahahaha. Pilihan itu ibarat jalan terang dan gelap. Tentunya untuk orang yang ingin maju akan memilih jalan terang. Heheheh.

***bersambung, KLIK DISINI

Kumpulan Tulisan MDP Maybank : http://www.wahyurepi.com/2016/12/seleksi-mdp-maybank-seputar-mdp-maybank.html

23 komentar:

  1. Hai ka^^ Salam kenal, aku Olin. Mau nanya2 ttg program ini, kemarin udah llus smpai wwancara HC. Ini lagi nunggu kabar slnjtnya. Anw batch angktn kkak, ada gak yang dipulangin? Atau gagal dalam pelatihan? Terimakasih kakak^^

    BalasHapus
  2. halooo olin, salam kenal ya. maaf baru balas. hehehe
    Alahmdulillah sih angkatan kami enggak ada yang sampe kayak gitu, hehehe. kalau kita ngikutin prosesnya sih inshaAllah lancar.

    olin rekrutmen daerah mana memang?

    BalasHapus
  3. Oh gitu.. siap, terimakasih infonya ka^^ Saya ikut rekrutmen di kota Palembang ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya mmg kls mli kapan lin? Palembang angkatan saya ada satu org jg soal.a

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh, mmg kayak gitu. Interview user kan mmg udah trakhir. Maklumlah klo agak lbh teliti. Tp biasanya gak smpe sebulan kok. Heheheh tes dmna?

      Hapus
    2. wahh saya interview Usernya dri tgl 19 september ini udh mau 2 bulan berarti, wahh berarti gak usah berharap banyak, saya ikut tes di jogja..

      Hapus
    3. wahh saya interview Usernya dri tgl 19 september ini udh mau 2 bulan berarti, wahh berarti gak usah berharap banyak, saya ikut tes di jogja..

      Hapus
    4. Hahahah, so far slma tdk ada pemberitahuan tdk diterima sih brarti mmg blm penguuman. Karena HCnya setahu saya profrsional kok. Jd klo blm diterima pasti dibertahukan klo blm diterima. Proses penerimaan di bank2 lain jg lama kan. Saya kmren trhitung cpt banget sih soal.a di maybank.

      Lagian sambil nunggu kan bisa test disana-sini jg kan ya hehehehe

      Hapus
  7. hai kak, mau nanya, pas mentor contest itu kita disuruh perform, maksudnya yg di perform in itu skill apa ya? apa presentasi materi selama kelas atau skill apa? thankyou :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Nafi. Maaf baru dibls ya. Hmmm. Mentor kontes ya. Intinya sih presentasi tentang diri kita. Ya nulisin kelebihan dan apa yg bisa kita tawarkan ke mentor yg mw ngambil kita. Udah mulai pendidikan ya?

      Hapus
    2. Oohh jadi bisa apapun gitu ya mas, wah seru. Belum sih mas baru tes awal kemaren tgl 5. Masih nunggu info lanjut ke interview HC. Katanya sih biasanya cepet ya tahapannya? Kalo ga lolos ke interview HC ga dihubungin atau tetep dihubungin sih as? Thankyou.

      Hapus
    3. Yang aku lihat sih Maybank itu trgantung ya,bisa cpt tp bisa lama jg. Trgntung kelas akan dimulai kapan. Kalau uda mepet biasanya jd cpt panggilannya. Mereka punya kalender kelas soalnya.

      Lulus atau engga biasanya ada pemberitahuan. Masak iya digantung. Hahahah

      Rekrutmen daerah mana?

      Hapus
  8. Jogja mas. Hahaha iyaa makanya aku cm penasaran aja emang blm ada pengumuman atau ga lolos, soalnya kmrn pas tes ga sempet tuker kontak sm peserta lain mas. Trs hrd pas interview yg abis psikotes cerita kalo biasa sih cepet pengumuman ga nyampe seminggu karena minggu lalu ada tgl merah takut HC nya blm sempet, katanya bisa kemungkinan mundur 2 minggu. Nah ini udah masuk minggu ke2 jadi kepo mas hahaha gapunya kontak pihak maybank nya juga haha
    Kalo g lolos gt emang dapet reminder by email gt mas? Aku lupa nanya soalnya kemaren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh walah. iya sih. Makanya aku bilang kalau cepet atau lambat itu disesuaikan dgn kebutuhan mereka. Tapi lulus gak lulusnya setahun aku ttp diumumkan kok, via email sih biasanya. #SemangatTanpaPHP.

      Hapus
    2. Pas interview HC itu ditanyain tentang maybank sm teknikal apa aja mas? Lama ga interviewnya? Udah ditelfon ni kmrn sore haha

      Hapus
  9. Wah wah. Selamat. Brarti udah slsai interview user ya? Ditanyain macam-macam kan? tapi teknis sih jarang. Maaf ya baru balas, jd telat ngash advis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beloom masss aku direschedule 2x, info terakhir interview tgl 30 mas. Jadi gimana ditanyain apa aja biasanya? :D

      Hapus
    2. Oh walah, jadi belum ya. Intinya yang paling banyak seputar CV kok, terus dari CV itu sesuai gak dengan kebutuhan posisi di perusahaan. Kalau pengen dibagian kredit slahkan baca tulisan seputar Relationship Officer di blog ini :)

      Hapus
    3. Okee, thankyou infonya ya mass!! :D semoga sukses selalu

      Hapus
  10. Hallo @nafisha tenisya sya mau tanya masukin lamaran MDPnya kapan dan dipanggil utk tes lewat email atau telpon? Soalnya sya udh masukin lamaran hampir 2 minggu ini tpi blom ad panggilan tes :(

    BalasHapus