Senin, 27 Juni 2016

HISTORY >< MYSTERY

HISTORY >< MYSTERY

sumber gambar: www.ymp.or.id

Oh yah, sebelumnya saya ucapkan selamat menyelami Ramadhan bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa. Ciiieee yang mendekati hari akhir Ramadhan. Senang atau sedih nih?

Mungkin bagi sebagian orang, Ramadhan akan terasa begitu cepat berlalu. Namun, ada juga yang merasa Ramadhan terlalu lama untuk pergi. Terlepas itu saya bukan ustadz yang akan memberikan ceramah. Hehehe

Yang perlu kita sadari hari kemarin telah menjadi history (sejarah). Mau hari kemarin terasa cepat berlalu atau terasa begitu lama untuk dilalui. Itu sama saja. Yups, itu sudah menjadi history (sejarah). Pantaslah jika J.V. Bryce mengatakan sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia. Ingatlah, sampai saat ini sejarah tidak bisa dikembalikan, diputar, ataupun dinikmati secara langsung lagi.


Nah, sadarkah kita bahwa setiap history pasti berdampingan dengan mystery ? Jika kemarin telah menjadi history maka besok akan selalu menjadi mystery. Atas sebuah mystery sering manusia takut menatap kedepan. Sering juga kita mendengar manusia yang takut akan hal yang belum tentu terjadi besok. Tanpa pegangan dan acuan. Namun, saya yakin bagi kita di Indonesia pasti setiap agama telah memberikan pegangan akan acuan hari besok. Ups tenang saja, saya belum menjadi tokoh agama yang akan memberikan khotbah/ceramah. Hehehe

Yang perlu kita sadari bahwa kita memiliki satu paket history dan mystery. Tuhan telah mengaturnya dengan indah. Atas sebuah history kita disuruh untuk mengambil pelajaran dan digunakan untuk menghadapi mystery. Satu kesatuan yang tidak terpisahkan selama oksigen masih dihirup dalam jasad manusia.


Selamat membaca sajak-sajak masa lalu (history) yang pernah dimuntahkan oleh insan manusia. Dan selamat mengelaborasinya untuk masa depan (mystery) yang penuh cahaya.


Bandung, 27 Juni 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar