Rabu, 29 Maret 2017

Mantra Gagal Move On


Diluar dugaan, aktivitas selama bulan Maret ternyata membuat blog ini tidak terawat. Sudahlah.

Kemarin saat mengikuti rapat, ada kalimat yang membuat pikiran ini bekerja.Yaitu tentang sebuah MANTRA yang membuat kinerja seseorang atau perusahaan mandek alias gitu-gitu saja. Ya kalimat GAOELnya adalah SuMO (Susah Move On).

Mantra tersebut adalah “dari dulu sudah begitu”. Cuma empat kata, namun dapat menjadi pembenaran atas kinerja dan pencapaian yang tidak naik-naik. Bayangkan saat ada manajer yang baru menjabat menemui rekan sekerja dan menanyakan kenapa bisa terjadi problem A. Jawaban dari para rekan sekerja tersebut hanya “dari dulu sudah begitu”.

Contoh di atas menggambarkan bahwa problem A sudah terjadi sejak dahulu, bisa jadi sebelum NEGARA API MENYERANG *Avatar mode on. Aneh tapi nyata jika ternyata masalah yang ada sejak dulu itu tidak pernah diselesaikan. Berarti satu perusahaan ini telah mengaplikasikan jurus SuMO (Susah Move On).

Dari dulu sudah begitu” seharusnya sudah hilang diera dengan getaran perubahan yang begitu cepat. Jika kesalahan masa DULU masih dipertahankan hingga KINI, maka bersiaplah yang hobi mengutarakan “dari dulu sudah begitu” digantikan pribadi yang mengatakan “saya solusi hari ini”.

Contohnya banyak, dikanca nasional ada Ridwan Kamil dan Risma yang membuat terobosan untuk mengatasi masalah laten penyelewengan APBD lewat penganggaran elektronik. Ada Gamal Albinsaid yang membuat asuransi kesehatan berbasis sampah.
Generasi pencinta “dari dulu sudah begitu” memang agak susah untuk diajak hidup dimasa kini. Tantangan terbesar kita adalah mengajak mereka yang SuMO (Sudah Move On) menjadi CiMO (Cinta Move On).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar