Minggu, 26 Februari 2017

Di Atas Kaki (Pengantar Kolom)


Ini merupakan tulisan pertama di kolom baru dalam blog pribadi. Kolom khusus untuk membahas traveling alias wisata. Nama kolomnya agak nyeleneh, yaitu diatas kaki. 5 tahun terakhir, kegiatan traveling makin digandrungi muda-mudi. Ya, ibarat kekinian. Saya ingin ikut meramaikannya.

Sebelum tulisan-tulisan mengenai wisata dihampar dalam blog ini. Kita bahas dulu kenapa 5 tahun terakhir kegiatan traveling menjadi makin populer. Tentunya dari pengamatan sederhana orang awam seperti saya. Kita mulai J



1.       Pengaruh Zona Pamer

Zona pamer disini meliputi sosial media yang memanjakan penggunanya untuk melakukan aktivitas teratas dalam Diagram Maslow. Bagi yang belajar Pengantar Manajemen mungkin sudah tidak asing lagi, yakni aktualisasi diri. Orang-orang yang butuh pengakuan dari lingkungan berusaha memberikan informasi kebahagiannya lewat foto-foto indah di tempat yang mempesona. Jumlah like dan komentar menjadi tolak ukur. Ya, kita berdoa agar kebahagiaan itu bukanlah sekedar topeng, hehehe. *saya juga begitu

2.       Stress Factor

Coba perhatikan teman-teman di sekeliling kita yang begitu banyaknya menyisihkan waktu dan uangnya untuk traveling. Percaya atau tidak, silahkan menilai diri sendiri juga ya. Apakah traveling memang menjadi salah satu cara pelipur larah kita? Saya belum menemukan penelitian valid mengenai benar tidaknya jika banyak pekerja generasi Y (kelahiran dari 1980 hingga awal 2000-an) yang benar mengalami stress tingkat atas, dan pada akhirnya menjadikan traveling sebagai obat. Tapi sekali lagi, dari pengalaman pribadi saya, ini mungkin ada benarnya. *jika ada pembaca mengetahui penelitian validnya silahkan letakan jejak di komentar ya.

3.       Natural and Cultural Awarenes

Wisata memang tidak sebatas berbaur dengan alam, tapi tetap saja. Silahkan lihat di Instagram, jenis foto wisata apa yang paling banyak terpampang. Saya pikir, seharusnya jika kita men-follow akun-akun yang baik (di luar account hoax), yang muncul seharusnya adalah wisata yang berhubungan dengan alam dan  kebudayaan. Alasannya? Perkembangan teknologi yang makin cepat membuat kadang saya pribadi merasa muak dengan modernitas.



Sedikitnya tiga hal tersebutlah yang menjadi alasan kuat kenapa traveling dan wisata menjadi populer. Semoga pembaca setuju, jika tidak setuju mungkin kita bisa berdelapan. Hehehe.
sumber gambar: http://logofury.com/wp-content/uploads/enjoy-traveling.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar