Sabtu, 08 Maret 2014

Training Of Trainer

 


Menurut penelitian salah-satu Universitas terkemuka di AS ditemukan 15 hal yang paling ditakuti di dunia. Dan, inilah 15 hal yang paling ditakuti oleh manusia di dunia ini :
  1. Berbicara di Depan Umum  (Public Relation)
  2. Problem Financial
  3. Hari Tua
  4. Sakit
  5. Teman Hidup
  6. Mati
  7. Serangga
  8. Kesendirian
  9. Kerusuhan
  10. Ketinggian
  11. Air yang Dalam
  12. Anjing
  13. Gelap
  14. Elevator
  15. Ekskalator
Dari penelitian ini terlihat hal yang paling ditakuti manusia adalah takut akan berbicara di depan umum. Ada pentingnya sahabat membaca mengenai SpeakUp (tulisan saya terdahlu).

Banyak alasan orang-orang menjadikan ketakutan bicara di depan umum sebagai hal yang ditakutinya. Mulai dari kurang rasa percaya diri, pengalaman, penampilan dan sebagainya. Secara teori tentu mudah mendapatkan buku dengan judul tips bicara di depan umum, cara menguasai penonton, cara kilat jadi pembicara dan sebagainya. Semua buku itu bisa didapatkan dengan mengorbankan uang tentu.

Mau yang lebih seru? Ikuti pelatihan... Pelatihan yang bagaimana? Pelatihan oleh lembaga atau orang profesional. Yupz, pasti memerlukan biaya, apalagi untuk sahabat yang tinggal diluar pulau jawa.

Khusus saya yang saat ini berdomisili di Manado pada kenyataannya hal-hal semacam itu masih kurang. Itulah sebabnya saya ingin membuat konsep TOT (Training for Trainer) yang mudah, murah tapi tetap meriah dan berdampak langsung.

Syukur saat ini saya punya rekan-rekan di GMT (General Motivation and Training) yang luar biasa disertai rekan-rekan diluar GMT (sahabat-sahabat saya) yang memiliki karakternya sendiri.

Jika sahabat sekalian memiliki saran materi, link, buku, vidio dan semacamnya bisa mengkontak saya. Saran dari sahabat sekalian tentu akan sangat membantu.

Pertanyaannya adalah apakah TOT hanya berguna untuk menjadi Trainer saja?

Kalau belum mengerti berarti belum baca tulisan saya mengenai Speak Up. Bandel, baca dulu sana, hehehe @wahyu_presiden



Tidak ada komentar:

Posting Komentar