Kamis, 12 Februari 2015

Hasil Tak Menghianati Prosesnya



Hasil Tak Menghianati Prosesnya

Diantara kita pasti ada yang pernah berpikir kenapa dengan usaha yang kita lakukan tapi hasilnya diluar harapan kita? Padahal menurut kita jika kita berusaha 100 kita berharap mendapatkan hasil 100 juga bukan?

Sekarang coba pikirkan lagi suatu usaha yang telah dilakukan namun ternyata hasilnya tak sesuai harapan kita. Saya melihat orang lain dan melihat diri saya sendiri sering mengalami hal itu, namun apa yang terjadi sebenarnya? Ketika kita semua mau membuka mata secara lebar-lebar, sesungguhnya kita belum pernah melakukan usaha yang all out (usaha habis-habisan) dan mendapatkan hasil yang tidak  maksimal.
Sesungguhnya kita sering mengerahkan usaha terbaik kita disaat-saat terakhir dan mengatakan bahwa kita telah melakukan usaha terbaik. Ayo jujur dan ngaku deh...


Memang sering terjadi keberhasilan walaupun kita melakukan usaha terbaik diakhir waktu, dan itu menjadi rezeki kita. Namun alangkah indahnya ketika kita sendiri baru berupaya diakhir waktu dan ternyata hasilnya tak sesuai janganlah meng-klaim bahwa hasil telah menghianati prosesnya.

Kemarin 3 teman baik saya telah menyelesaikan studi S-1 (Sarjana Ekonomi) yaitu Taufiq Mamonto, Ayu Niu dan Friska Langelo dengan predikat cum laude (memuaskan). Untuk share ke teman-teman sekalian bahwa ketiga teman saya itu merupakan orang-orang yang berpacaran atau bahkan menikah dengan proses mendapat gelas S1. Merekalah orang-orang yang ketika yang lain sedang istirahat disemester renggang (semester 7 dan 8) dan mereka memutuskan untuk melakukan perjalanan menuju S1. Ketika yang lain hanya sedang melakukan KKT/KKN, merekalah yang telah memulai menyusun proposal penelitian, ketika mendekati selesai waktu KKT mereka sudah memasukan permohonan penelitia,  padahal teman-teman lain (termasuk saya, hehehe) baru berencana mencari judul. Ketika mendekati liburan natal dan tahun baru merekalah yang memaksakan untuk segera melakukan seminar hasil (ujian skripsi). Dan merekalah orang yang muncul diawal bulan januari 2015 di kampus ketika mahasiswa lain masih menggunakan waktu liburan. Merekalah orang yang ketika mau mengurus sesuatu di kampus namun ternyata pegawai yang dicari tak ada mereka tetap setia menunggu di kampus walaupun yang lain memutuskan pulang.
Jadi merekalah yang menghargai proses dan akhirnya ketiga rekan saya itu berhasil mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dengan predikat Cum Laude. Congrats guys, youare awesome, keep spirit and humble ya...

oh ya, mereka juga berpacaran dengan Tuhan loh, saya melihat aktifitas ke-Tuhan-an mereka naik luar biasa, ada yang ibadahnya nyampung terus, ada yang dzikir terus, ada yang pegang rosario terus dan segala aktifitas sesuai kepercayaan mereka. Thats cute you know...

Dan hasil tak pernah berhianat dengan prosesnya, ketiga teman saya sudah menyelesaikan S1nya, sekarang saya baru akan memulainya lagi,hehehe (objek penelitian saya masih abu-abu, semoga aman-aman deh,amiiin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar