Selasa, 04 April 2017

4 tips menulis bagi pemula



Asli, parah. Tadi malam saya butuh lebih dari sejam untuk menyelesaikan satu tulisan yang kalau dibaca lagi kualitasnya mendekati sampah bagi para penulis profesional. Silahkan dibaca kalau belum (Pusat Kota Sukabumi). Eits, walaupun sesampah-sampahnya tulisan itu tetap saja menjadi salah satu bentuk eksistensi saya. Jadi tidak mengapalah. Masih ada kebahagian bagi saya dengan membaca tulisan itu.

Faktor yang membuat malam kemarin menjadi begitu miris dikarenakan memang itu adalah tulisan pertama  dibulan April 2017. Menyedihkan. Tulisan itu juga menjadi konten pertama rubrik jalan-jalan saya (Di Atas Kaki). Berniat memberikan sentuhan travel blogger dalam blog ini, malah tersadar kemampuan menulis saya dalam bentuk cerita masih sangat jauh dibawah kualitasnya.


Ya, walau begitu paling tidak saya berhasil memberikan sedikit bumbu pada blog ini. Semoga rasanya tidak terlalu aneh bagi penikmatnya. LOL.

Asli serius tadi malam saya banyak kehilangan kosa kata untuk merangkai kalimat, durasi membaca dan menulis yang diturunkan selama bulan Maret membawa petakah bagi penulis amatiran ini. Maka dari itu pribadi polos ini ingin memberikan saran bagi pembaca yang juga berniat menyalurkan hasratnya lewat tulisan. Berikut poinnya:

-Jika punya cerita, segeralah tulis. Kalau memang tidak punya waktu, minimal tulislah poin pentingnya dalam beberapa kalimat.

-Sesekali bacalah tulisan yang kaya kosa kata, misal puisi atau cerpen. Serius, dengan membaca tulisan orang lain kita secara langsung juga menambah kosa kata di kepala.

-Jangan malu mempublikasi tulisan yang menurut kita kurang sempurna, selama umur masih dibawa 60 tahun, kita masih punya waktu untuk mencoba kesalahan-kesalahan di muka bumi, hehehe.

-Sempurnakanlah. Segeralah perbaiki dan sempurnakan tulisan kita yang sudah ditulis secara abstrak atau asal-asalan.

Sekian empat poin tips yang sebetulnya sudah diketahui oleh pembaca sekalian. Semoga tidak menyesal membacanya. Hehehhe.

Selamat mencoba.



sumber gambar: http://kemandirianfinansial.com/wp-content/uploads/2015/09/Menulis-Sumbangan-Pemikiran-Untuk-Perusahaan-dan-Penghasilan-Sampingan-Tanpa-Mengganggu-Jam-Kerja.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar