Minggu, 06 Januari 2019

Satuan Waktu --- Happy New Year


Hasil gambar untuk perayaan tahun baru di indonesia

Kita berjalan setiap hari dengan satuan waktu universal. Tidak ada yang memiliki satu satuan waktu istimewa saat ini. Satuan detik, menit dan jam tidak pernah mengingkari ke-universar-lannya.

Lucunya, kita sering beranggapan bahwa semua berputar pada sebuah lingkaran yang tidak berujung. Kita beranggapan waktu akan berulang. Jam 8 pada pagi ini akan kita temui pada besok hari, lusa dan seterusnya. Kita beranggapan bahwa hari senin pada minggu ini akan sama dengan hari senin pada minggu depan. Kita beranggapan bulan Januari akan kita temui kembali pada tahun-tahun selanjutnya.


Dengan mengetahui konsep lingkaran waktu ini maka kita juga sering melupakan hakekat waktu tersebut. Kita mengganggap waktu adalah lingkaran yang terus berulang.

Nyatanya? Hari senin pada minggu ini akan berbeda dengan senin pada minggu depan. Januari tahun ini akan berbeda dari Januari tahun depan.

Nama boleh sama, angka boleh sama, tetapi hakikatnya dia datang dengan wujud yang berbeda. Wujud senin ini tidak sama dengan senin depan. Wujud Januari tahun ini tidak akan sama dengan Januari tahun depan.

Mereka berbeda. Tetapi berhubungan. Apa jadinya kita pada Januari tahun depan akan ditentukan oleh garis lurus waktu dari Januari tahun ini ke Januari tahun depan.

Ingat, satuan waktunya bukanlah lingkaran berulang (Januaari ke Januari) tetapi garis lurus (Januari 2019 ke Januari 2020).

Selamat menikmati satuan waktumu.
Nikmatilah, selagi kita bisa.

Selamat tahun baru masehi 2019. May Force Be With You.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar