Selasa, 03 Desember 2019

Welcome to Karimun Jawa (Travelling and Teaching 20 Karimun Jawa – bagian Empat)


Baca dulu bagian tiga-nya kalau belum, klik disini

Bis carteran membawa kami ke Kabupaten Jepara, lama perjalanan kalau tidak salah berkisar 2 sd 3 jam dari Semarang. Jepara sendiri merupakan daerah yang legendaris. Bukan main-main, inilah kota yang menjadi tempat kelahiran Ibu kita Kartini. Pahlawan nasional yang identik dengan selogan “habis gelap terbitlah terang”. Sekedar info sebenarnya itu bukan selogan tetapi merupakan judul buku milik beliau.

Kepulauan Karimun Jawa memang terletak di wilayah administrasi Kabuaten Jepara, sehingga pelabuhan utama untuk ke Karimun Jawa terletak di sini juga. Pelabuhan Kartini Jepara namanya. Kami tiba sekitar pukul tiga dini hari.

suasana dini hari di pelabuhan kartini Jepara


Dari pelabuhan ini kita dihadapkan dengan dua pilihan yaitu kapal cepat dan kapal lambat. Berikut rincian jadwalnya (sumber: kataomed.com saya gak sempat mencatat):
kapal fery ke karimun jawa

Jadwal keberangkatan Kapal Fery Pelabuhan Jepara ke Pelabuhan Karimunjawa, Kapal akan berangkat setiap :
– Hari Jumat : 06.30 WIB
– Hari Sabtu : 07.00 WIB
– Hari Senin 07.00 WIB
– Hari Rabu 07.00 WIB

Jadwal keberangkatan Kapal Fery dari pelabuhan Karimunjawa menuju Pelabuhan Jepara adalah setiap :
– Hari Jumat : 13.00 WIB
– Hari Minggu 07.00 WIB
– Hari Selasa 07.00 WIB
– Hari Kamis 07.00 WIB
suasana dek kapal fery

Jadwal keberangkatan Kapal Cepat menggunakan Kapal Bahari Express dari Pelabuhan Kartini Jepara ke Pelabuhan Karimunjawa adalah :
– Setiap Jumat Jam 09.00 WIB
– Setiap Hari Sabtu Jam 10.00 WIB
– Setiap Hari Senin jam 09.00 WIB
– Setiap Hari Selasa pukul 09.00 WIB

Jadwal keberangkatan Kapal Cepat dari Pelabuhan Karimunjawa ke Pelabuhan Kartini Jepara yakni :
– Setiap Hari Sabtu Jam 07.00 WIB
– Setiap Hari Minggu jam 11.00 WIB
– Setiap Senin Mulai jam 13.00 WIB
– Dan Setiap hari Rabu jam 11.00 WIB

Sedikit saya informasikan perbedaan dua kapal tersebut. Kapal Fery merupakan kapal angkut manusia dan barang. Mayoritas yang menaiki kapal ini sepertinya orang lokal yang habis berbelanja di pulau Jawa dan pulang. Kapal fery bisa mengangkut bahan makanan, dagangan, motor bahkan mobil. Jadi buat yang memang akan ke Karimun Jawa membawa kendaraan sendiri, kapal fery merupakan satu-satunya pilihan.
suasana dek kapal fery

Penumpang regular biasanya diberkan tempat di lantai dua dan tiga karena lantai satunya full dengan barang. Lama perjalanan menggunakan kapal ini berkisar 5 sd 6 jam. Hmmm, cukup lama tapi seruh kalau kita berangkat dalam rombongan besar yang anti mabuk lauk. Oh iya, harga kapal fery ini terbilang murah yaitu Rp 92.500 termasuk asuransi keselamatan. Bukan asuransi cinta do'i.

Untuk kapal cepat sendiri merupakan kapal khusus penumpang alias gak bisa bawa barang gede naik kapal ini. Ya karena hampir semua area sudah dipasang kursi seperti bus. Naik ini lebih teratur dan tentu lebih cepat. Kapal ini kira-kira hanya membutuhkan waktu tempu separuh dari kapal fery. Berkisar dua sd tiga jam. Kenapa dari tadi berkisar? Kok gak ada kepastian? Kok kamu sama aja dengan yang lain. Eh tunggu dulu, aku bukan dia yang gantungin kamu, jangan ngegas dong. Hahahah
susana sekitar perjalanan ke karimun jawa

susana sekitar perjalanan ke karimun jawa

Namanya juga laut, tentu tergantung kondisi ombak. Bisa lebih cepat atau bisa lebih lambat. Jika memilih naik kapal cepat, sangat direkomendasikan untuk minum antimo atau penghilang mabuk laut ya. Kapal ini sungguh akan sangat merepotkan karena dengan kecepatan cukup tinggi dia mencoba membela laut Jawa. Harga naik kapal cepat sebesar Rp 162.000 per orang. Dua kali lebih mahal dari kapal fery memang.

Dan akhirnya, setelah perjalanan dari menggunakan kapal fery kami sampai di Karimun Jawa
pelabuhan karimun jawa
check in point

welcome to Karimun Jawa


Bersambung………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar