Minggu, 19 Juni 2022

Rakyat Yang Zalim

 


Alkisah di suatu negeri  keluarlah titah raja yang berbunyi setiap rakyat wajib mengumpulkan satu sendok madu di tengah malam secara bergantian ke dalam sebuah bejana besar. Negeri ini konon cukup makmur sehingga satu sendok madu tidak akan menjadi hal yang sulit rakyatnya

Namun, yang tidak disangka adalah ternyata ada seorang rakyat yang berkipir untuk membangkang. Rakyat ini berpikiran jika memang pengumpulan madu di lakukan tengah malam secara bergantian, maka jika dia mengganti satu sendok madu dengan satu sendok air tentu tidak aka nada yang tahu. Toh bejana untuk pengumpulan cukup besar.

Malam pun berakhir dan tiba waktu pagi.

Betapa kagetnya seluruh rakyat ketika raja memperlihatkan bejana hanya diisi penuh oleh air, bukan madu.

Ternyata yang berpikiran untuk mengganti satu sendok madu dengan satu sendok air bukan hanya satu orang rakyat, melainkan seluruh rakyat. Semuanya berpikir, kalau hanya satu sendok air dimasukan ke dalam sebuah bejana besar berisi madu tentu tidak akan terlihat.

Ternyata Raja sudah menduga hal ini dan ingin memberikan pelajaran terhadap seluruh rakyatnya.

Jikalau satu buah sampah bekas botol minum dibuang oleh satu orang tentu mudah untuk dibersihkan, namun jika setiap orang berpikir yang sama makan tumpukan sampah akan langsung muncul.

 

Inpirasi Kisah : Jamil Azzaini-Makelar Rezeki

Sumber Gambar: https://labbineka.kemdikbud.go.id/bahasa/ceritarakyat/da4fb5c6e93e74d3df8527599fa62642

Tidak ada komentar:

Posting Komentar