Minggu, 16 September 2018

Mentor Mike Tyson (1)



Generasi 80-an sampai dengan 90-an mayoritas pasti mengenal Mike Tyson. Dialah sang juara dunia tinju yang dikenal ganas. Bagaimana tidak, dalam 16 pertadingan professional perdana pada selang waktu 1985 bisa dimenangkan dengan status KO. Mayoritas dimenangkan pada 2 ronde pertama. Bisa dibayangkan ganasnya bukan? Bukan hanya cara dia memenangkan pertandingan, tetapi dia juga menjadi juara dunia tinju termuda sepanjang sejarah. Dia mendapatkan gelar juara dunia kelas berat pada umurnya yang baru 20 tahun pada tahun 1986.

Ada orang yang mungkin baru menyadari umur Mike saat menjadi gelar dunia, bagaimana mungkin anak umur 20 tahun menjadi juara dunia dengan mengalahkan Trevor Berbick yang pada saat itu berusia 30 tahun. Itulah sejarah yang dibuat seorang Tyson muda.

Bagaimana anak 20 tahun bisa tiba-tiba hebat dalam waktu satu tahun karir tinjunya? Tulisan ini akan membahas bagaimana Tyson muda menjelma menjadi Singa di ring tinju secara ringkas.


Masa kecil Tyson merupakan masa yang bisa bilang tidak karuan. Dia lahir di New York dan ditakuti karena kebrutalannya di jalan. Tyson muda dikeluarkan dari sekolah dan rutin berpindah-pindah penjara anak. Mungkin di Indonesia jika anak seperti ini muncul maka akan langsung dikucilkan dalam pergaulannya.

Tyson beruntung, dia ditemukan oleh seorang pelatih tinju Cus D’Amato (kita sebut Coach Damato). Coach Damato menyelamatkan Tyson muda yang kehilangan Ibunya dan hidup tanpa orientasi. Pada tahun 1980 Coach Damato mengajak Tyson untuk belajar tinju, setahun setelahnya Damato mengadopsi Tyson muda menjadi anaknya. Hal ini membuat Tyson dan Damato memiliki ikatan yang lebih dari seorang pelatih dan anak didik.

Damato menanamkan orientasi hidup baru pada Tyson. Damato masuk pada kehidupan Tyson, membuat Tyson hidup nyaman untuk mengejar sebuah visi. Sayangnya, pada tahun 1985 (tahun dimana Tyson memulai debut karir profesioal), Damato meninggal dunia. Tyson mengejar sisah mimpi yang ditanamkan Damato dalam waktu satu tahun. Ia berhasil menjadi juara dunia lahir pada tahun 1986, setahun setelah dia kehilangan mentor, pelatih dan ayah angkatnya.

Selepas menjadi juara dunia dengan cara luar biasa, Tyson muda kehilangan orientasi. Tidak memiliki seorang mentor sekaligus ayah membuat kehidupan pribadinya berjalan tanpa arah. Tyson menikah 2 kali yang semuanya berakhir pada perceraian. Bahkan pada tahun 1992, Tyson terkena kasus pemerkosaan terhadap salah satu Miss Black America 1991. Tyson dihukum 3 tahun dan kehilangan masa jayanya.

Pada tahun 2011, Tyson mengungkapkan bahwa karir dan kehidupannya mungkin tidak akan hancur jika Coach Damato bisa hidup lebih lama. Saat berpidato pada acara International Boxing Hall of Fame, Tyson menangis dan tidak melanjutkan pidatonya tentang Coach Damato. Dia turun dari panggung dan disambut tepuk tangan oleh 5 ribu orang.

"Saya beruntung bertemu pria itu. Kami adalah dua orang yang bukan siapa-siapa dan kemudian bersatu untuk menjadi sesuatu..." Mike Tyson.




sumber gambar: https://www.express.co.uk/life-style/life/820862/mike-tyson-cus-d-amato-relationship-new-book-Iron-Ambition

Tidak ada komentar:

Posting Komentar