Minggu, 16 September 2018

Mentor Mike Tyson (2)



Coach Damato menjadi orang yang membentuk Tyson menjadi Juara Dunia. Coach Damato melihat masa depan yang cerah pada diri Tyson muda. Bukan hanya mengajarkan tinju, tetapi Coach Damato menjadi seorang ayah dengan mengadopsi Tyson. Ia berhasil masuk lebih dalam pada kehidupan Tyson.

Menyentuh Tyson dari hatinya, bukan pendekatan Uang yang akan dimenangkan jika menjadi Juara Dunia. Perlu diingat, tahun 1970an sampai 1980an merupakan tahun dimana permasalahan ras kulit putih dan kulit hitam begitu kental di Amerika. Damato tidak melihat perbedaan warna kulit itu dan berani melawan kebiasaan dengan menjadi pelatih dan Ayah dari Tyson yang berkulit hitam.


Damato bahkan sudah tidak hidup saat Tyson meraih kejayaannya. Itulah mentor, dia menanamkan spirit untuk Tyson muda walaupun tidak ikut menikmatinya.

Kehidupan manusia, apalagi generasi milenial tentu diwarnai kegalauan hampir setiap hari. Tanpa pengalaman hidup yang cukup, generasi milenial dipaksa untuk survive. Dalam keterbatasan waktu generasi milenial dipaksa menjadi pribadi ideal bagi sekolah, tempat bekerja dan Negara. Hal inilah yang membuat kita memerlukan mentor handal dalam hidup ini.

Saya sendiri sejak SMA memiliki beberapa mentor hebat, mereka membantu hanya dalam mencapai percepatan hidup. Seperti menjadi pembicara saat Kongres GuruIndonesia 2010, bocah kemarin ngajarin guru. Gubrak. Bahkan lebih dari itu, mulai dari situlah saya berani mengemukakan serta mengikhtiarkan cita-cita menyenangkan. Begitu pun saat kuliah, banyak pencapaian yang sebenarnya bukan berasal dari saya, melainkan berkat mereka para mentor.

Untuk dunia pekerjaan, saya sendiri mengakui beberapa senior yang banyak mengajarkan hal-hal baik.

Tulisan ini menjadi pembuka nantinya untuk tulisan seri para mentor kehidupan saya. InshaAllah beberapa saat lagi saya ingin menemui mereka yang sudah lama tidak saya temui.

Bagaimana denga teman-teman pembaca? Pasti kita semua memiliki orang-orang yang dianggap mentor bukan. Sempatkan waktu untuk menelpon atau minimal chatting dengan mereka untuk mengucapkan terima kasih.



sumber gambar: http://www.sooperboy.com/sooper-hot/buku-mike-tyson-ulas-cus-damato-pelatih-yang-menjadikannya-juara-1705318.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar