Kamis, 16 April 2015

Hilang Inspirasi?



Hilang Inspirasi?


Dua minggu terakhir saya mencoba menulis “kembali”, bukan tulisan seperti ini tapi yang ditulis adalah KTI (Karya Tulis Ilmiah). Berpartner dengan rekan yang luar biasa (baca: Dendy F.Amin) saya mencoba menulis tentang pengembangan Human Development Center untuk Sulawesi Utara. Dan apa yang terjadi? Ternyata saya sempat kehabisan akal untuk menulis apa. Pernahkah teman-teman mengalami hal itu?


Hmmm… Ternyata ada yang salah dalam proses penulisan itu, dimana ternyata yang saya andalkan hanyalah pikiran saya sendiri. Itu salah? Yah salah tentunya… Sesungguhnya kita tak tau apakah yang kita pikirkan selama ini benar atau salah, jadi ketika yang kita pikirkan adalah suatu yang salah maka otomatis salahlah seluruh yang kita lakukan. Misalnya menurut kita cara menuju ke tempat X adalah dengan menggunakan kendaraan umum hijau padahal seharusnya kendaraan hitam. Maka apabila kita tetap menaiki kendaraan hijau pastilah salah jalan. That’s right?

Hal itu juga berlaku dalam proses menulis, itulah sebabnya semua tulisan alangkah indahnya jika memiliki referensi atau daftar pustaka. Manfaatnya adalah sebagai alat ukur dan feedback atas apa yang kita tulis, karena bisa jadi apa yang kita tulis melawan arus yang ada dan membawah kita kedalam jalan kesesatan,hehehe insaf bro… insaf sis… :D

Maka dari itu budayakanlah proses membaca dan mendengar sebelum menulis maupun berbicara. Itu sebagai referensi kita apakah yang kita tulis dan kita bicarakan merupakan kebenaran. Eits, yang dibaca dan didengar yang baik-baik ya! Jangan memasukan terlalu banyak racun dalam pikiran kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar