Jumat, 09 Juni 2017

Pembagian Rekening (2)



Dengan demikian, sebagai new jobber. Jangan sampai ada rasa enggan untuk memiliki lebih dari satu rekening. Minimal sebagai new jobberharuslah memiliki rekening operasional diluar rekening gaji. Berikut tips untuk membuat rekening operasional:

  • Tentukan mana rekening yang akan dijadikan pusat aktivitas rekening dan mana rekening yang hanya digunakan sebagai penampungan (tabungan). Kalaupun kita akan menggunakan rekening gaji sebagai operasional, itu berarti silahkan buka rekening baru sebagai rekening tabungan. Intinya harus memiliki rekening opersional diluar rekening tabungan. Tidak terlalu masalah jika kita sudah nyaman menggunakan rekening gaji sebagai rekening operasional, asalkan porsi yang ingin diisikan setiap bulan diletakan pada rekening berbeda.
  • Pilihlah rekening yang biaya administrasinya paling rendah. Saat ini rata-rata biaya administrasi bulanan bank sudah berada diatas Rp 10.000,-. Namun, sebagai informasi, saat ini Bank Indonesia telah membuat produk tabungan yang biaya bulanannya rendah. Nama produknya adalah TabunganKu, jenis tabungan ini dimiliki setiap bank karena merupakan produk wajib dari Bank Indonesia agar masyarakat mau menabung. Silahkan dicek di Bank tercinta. Oh iya, saat e-book manajemen keuangan untuk new jobber selesai, bagian ini akan lebih rinci juga.
  • Pilihlah Bank yang fasilitasnya paling lengkap sebagai rekening operasional. Ini agar kita mudah bertransaksi. Seperti mudah mengambil uang tunai karena atm tersebar luas atau e-banking yang multiguna untuk beli pulsa, isi saldo ojek online dan sebagainya.
  • Masukan uang secukupnya di rekening operasional. Ingat! Jangan berlebih. Ini akan menjadi Ealy Alert bagi kita. Dimana jika rekening tersebut sudah menipis isinya, padahal tanggal gajian masih lama. Itu berarti ada sesuatu yang salah, entah itu perhitungan kita yang salah atau karena kita memang boros. Dengan demikian mau tidak mau kita sebagai pemegang kedali akan menginjak rem sekuat tenaga. Pembahasan menganai pengaturan proyeksi kebutuhan operasional bulanan akan dibahas terpisah. 
  • Sebisa mungkin, untuk rekening penampungan uang sisihan gaji jangan dilengkapi fasilitas ATM. Percayalah, ATM adalah musu bersama anak muda. Godaan bisa melebihi godaan syetan yang terkutuk. Hehehe

 #30DWC #Jilid6 #Squad10 #Day22

*sumber gambar : https://obralobrol.riftom.com/hal-hal-yang-harus-dipersiapkan-untuk-membuka-rekening-baru-bank-bca/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar