Jumat, 30 Desember 2016

Rencana Tumbuh 2017




Sebagai manusia yang hidup tentu kita perlu bertumbuh dan berkembang. Nah, untuk bertumbuh dan berkembang itu tentu kita perlu mengorbankan sesuatu dalam hidup. Entah itu waktu, tenaga bahkan uang.

2017 nanti secara pribadi saya ingin mengembangkan diri dengan dua cara, yaitu melanjutkan sekolah formal dan mengikut Speak To Change (STC) dari Akademi Trainer.


Setelah meninjau beberapa Perguruan Tinggi Negeri ternama di Bandung dan Jakarta. Ternyata biaya pendidikan S2 itu tidak murah. Heheheh Maklumlah, saya berkeinginan kuliah tanpa meninggalkan pekerjaan. Berkisar diangka 70 juta hingga 100 juta sampai selesai. Hitungan matematis mengatakan bisa sih kuliah menggunakan gaji, tapi jangan makan ya.Hahahah

Sedangkan program STC / WBT dari Akademi Trainer yang telah diimpikan sejak 2012, ternyata harganya telah melambung jauh di angka 7 juta untuk 3 hari (dulu berkisar di 3 juta seingat saya, hehehe). Untuk STC sebenarnya sudah dapat harga promosi untuk batch Februari 2017, tapi dikarenakan ditanggal yang sama merupakan tanggal pernikahan sepupu, otomatis di-cancel. Menandakan saya harus nabung lagi agar bisa mengikuti kegiatan tersebut. *note: kalau tabungan nikah tetap jalan kok, wkakaka

Itulah kira biaya yang harus dikeluarkan untuk mengembangkan diri ini. Mungkin ada yang nyinyir (alias mencela), “kok alay banget ya”. Silahkan. Tapi ingatlah, di era modern seperti ini, jika kita tidak memaksakan diri untuk bertumbuh, kita akan hilang ditelan anak-anak muda yang sedang bersemangat.

Dulu penyandang S1 bisa angkat kaki, karena pemilik gelar ini dibawah tahun 2000-an masih sedikit. Sekarang? S1 menjadi lebih mudah, makin bertaburannya Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta menjadikan jumlah pejuang gelar S1 membludak. Makin kesini berasa kan? S1 menjadi hal yang sangat umum di kalangan pekerja. Itu bertanda kita harus naik level. Jika S1 makin sulit mendapatkan pekerjaan, maka silahkan berjuang menjadi S2. Sederhana.

Bagaimana gengs? Sudah memiliki target pengembangan diri dan kapasitas di tahun 2017? Jika belum, segeralah siapkan. Baik itu melalui pendidikan formal maupun pendidikan/ training informal.

Cimahi, 27 Desember 2016
*menanti 2017 nan cerah

Sumber gambar : http://www.sygmadayainsani.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar