Kamis, 09 Januari 2014

Kesalahan Visi

Kesalahan Visi


#Cerita
Hiduplah seekor burung Garuda yang terbang tinggi diangkasa Indonesia, burung ini memiliki cakar dan sayap yang gagah. Pada suatu hari burung Garuda ini mengejar mangsanya hingga pulau Irian. Dia melihat seekor ikan yang sedang berenang lalu dengan cepatnya dia menerkam mangsanya. “wiush” suara kepakan sayapnya yang begitu dasyat. Setelah dia mendapatkan santapan pertamanya dia melihat santapan lainya yang sedang asik berenang, sama dengan kejadian pertama dia langsung saja menerjang santapan keduanya.


Hal ini berlangsung sampai beberapa santapan, namun ternyata dia menyadari satu hal, dia sudah terbang terlalu jauh karena mengincar makanan. Ternyata dia sudah jauh dari kepulauan Indonesia maupun Papua. Dan dia lebih dekat dengan Benua Australia, sekuat apapun sayapnya dia tetap memerlukan istirahat. Akhirnya dia memutuskan untuk terus terbang ke Benua Australia. Setibanya disana dia sangat terkejut karena ternyata suhu udaranya berbeda. Yupz ternyata disini lagi musim dingin. Karena kaget dengan situasi baru ini dia menjadi ketakutan dan akhirnya memutuskan kembali ke asalnya (daerah tropis maksudnya). Sungguh sangat disayangkan karena dia kelelahan akhirnya dia jatuh di Samudra yang begitu luas. Kisah sang Garuda pun selesai dengan tragis.
**

Itulah VISI! Banyak orang karena memiliki visi yang kuat dan besar dia bisa menggapai hal-hal yang dinginkannya (seperti Garuda yang mampu melahap beberapa ikan di laut). Namun hal yang kurang tepat disini ketika VISI yang dimiliki hanya terpaku pada satu target sempit (seperti Garuda yang hanya menginginkan santapan). Ada perushaan hanya memiliki visi dalam hal jumlah omzet atau jumlah penjualan dengan mengesampingkan kepuasan pelanggan agar mau datang lagi. Ada juga Mahasiswa yang hanya berorientasi pada nilai saja tanpa memikirkan proses maupun hal-hal yang penting dalam hidupnya (saya sendiri ketika semester satu hanya berorientasi kepada nilai semata, kalau bukan A brarti bukan nilai #naif ya, hehehe).

Visi adalah sebuah cita-cita yang bisa menjadi penyemangat sekaligus KOMPAS untuk kita bergerak. Jadi visi yang baik adalah visi yang bisa mengarahkan ke hal yang benar dan juga menunjukan hal yang salah. Jika sekedar menunjukan hal yang benar tanpa menunjukan hal yang salah maka kita akan menjadi seperti burung Garuda tadi (Mencapai target dan mati di samudra).
Bagaimana cara membuat visi? Jika ingin mari buka Cara Membuat Visi SMART

Untuk berhubungan bisa via twitter @wahyu_presiden

Tidak ada komentar:

Posting Komentar