Sabtu, 20 Mei 2017

Awal - Akhir



Selama dua hari mengikuti #30DWC saya sepertinya menjadi penyetor tulisan pertama di Squad (tim) 10. Sebenarnya bukan karena tanpa alasan, ini dikarenakan saya mengejar waktu menulis sebelum ke kantor. Berbeda hari ini, akhirnya saya memutuskan untuk menyetorkan tulisan di akhir hari.

Sebuah percobaan yang membahayakan. Tapi, sungguh ini membawah sensasi lain. Menulis beberapa menit sebelum deadline. *Ewew. Rasanya manis-manis manja gimana gitu. Untunglah ini tidak berpengaruh untuk hidup dan mati. Tulisan yang terlambat disetor hanya akan membuat kehilangan poin. Tidak membuat kehilangan pacar yang kemudian menjadi mantan. Hahaha. Pun ini tidak akan membuat mantan tiba-tiba memohon untuk balikan. Hihihi


Awal dan akhir. Dua fase yang penting dalam hidup seseorang. Ya, memang ada bagian “proses” ditengahnya. Tapi kali ini saya tidak membahas itu.

Kita harus mengakui. Di dunia ini, banyak orang yang masih terpaku terhadap dari mana sesuatu datang (awal) dan apa yang dihasilkan (akhir). Apakah seseorang berasal dari keluarga terpandang atau kaya raya (red: awal). Apakah seseorang sudah memiliki kendaraan mewah, rumah megah, atau deposito berlimpah (red: akhir).

Melihat sesuatu dari awal (dari mana datangnya) dan dari akhir (sudah punya apa sekarang) akan memberikan persepsi yang berbeda. Ibarat kaca mata yang memiliki perbedaan lensa. Tentu akan memberikan kejelasan pandangan yang berbeda bagi tiap orang.

Setelah mencoba menulis di akhir deadline. Saya kemudian sadar, bahwa menyelesaikan suatu komitmen dimenit akhir sungguh sangat tidak nyaman. Ya, bisa jadi kita bisa mengatur tekanan agar tidak membuat stres. Tapi memangnya seberapa kuat sih kita? Hingga terlalu sombong menganggap kecepatan kita menyelesaikan sebuah tugas akan sanggup menghalangi kuasa sang waktu.

Dalam filosofi Jawa, jelas berbeda Alon-alon Maton Kelakon dan Alon-alon Waton Kelakon. Alon-alon Maton Kelakon berarti biar lambat asal pekerjaan selesai. Sedangkan Alon-alon Waton Kelakon berarti berlambat-lambat dengan asal-asalan tapi pekerjaan selesai.

Sesuatu yang dikerjaan asal-asalan tentu akan berbeda dengan yang dikerjaan berlahan dalam keseriusan. Maka pastikanlah kita menggunakan Tahap Awal untuk sampai Tahap Akhir. Sesekali cobalah bekerja mepet dengan deadline, agar kita mengerti nikmatnya bekerja dengan berlahan sejak awal.

#30DWC #Jilid6 #Squad10 #Day3

Sumber gambar: http://www.computer1001.com/2009/05/cara-menggunakan-efek-animasi-motion.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar